Advertisement

Main Ad

Negara-negara yang Dijajah Lebih Lama dari Indonesia

Masa penjajahan Belanda terhadap Indonesia selama hampir 350 tahun, tentu dirasa sangat lama. Bahkan sampai menjadi pertanyaan, kenapa betah sekali Indonesia dalam jajahan Belanda? Apa jangan-jangan penjajahan di Indonesia selama sekitar 3,5 abad adalah penjajahan terlama di dunia? Tentu tidak. 

Indonesia sebagai East India (Hindia Belanda)

Ada banyak negara yang dijajah sampai lebih dari 500 tahun, bahkan ada yang masih dijajah sampai saat ini. Mari kita lihat runutan sejarah negara-negara bekas jajahan selain Indonesia di bawah ini.


Negara bekas jajahan

1. Filipina

Kita mulai dari negara tetangga saja, Filipina. Negara itu di bawah kekuasaan Spanyol selama lebih dari 333 tahun. Setelah Pertempuran Teluk Manila dan Perjanjian Paris (1898), kekuasaan Filipina pindah tangan dari Spanyol ke Amerika Serikat. Lalu dalam kurun waktu singkat, antara 1942-1945, Filipina berada di bawah kekuasaan Jepang. Amerika secara resmi memberikan kemerdekaan kepada Filipina pada tahun 1946. Maka total masa penjajahan Filipina adalah hampir 400 tahun.


2. Makau atau Maccau 

Pertama kali Makau diberikan ke Portugal, oleh Dinasti Ming Cina pada tahun 1500-an. Kemudian dikembalikan ke rezim komunis Cina pada akhir abad ke-20. Total jajahan di negara itu sekitar 400 tahun.


3. Papua Nugini

Pada 1526 penjelajah Portugis, Jorge de Meneses melihat ujung barat New Guinea dan dia beri nama Ilhas dos Papuas. Bagian-bagian dari New Guinea inilah memiliki sejarah yang rumit. Tapi diperkirakan, penjajahan di New Guinea terjadi lebih dari 400 tahun. 

Wilayah Papua Nugini

4. Goa 

Goa adalah bekas provinsi Portugis. Wilayah seberang laut Portugis yang diklaim sebagai Portugis-India di bawah Portugis sekitar 450 tahun. Sampai akhirnya Goa dianeksasi oleh India pada tahun 1961.


5. Albania

Kekaisaran Otoman mendirikan yurisdiksi formal di sebagian besar Albania pada tahun 1431. Albania tetap di bawah kendali Ottoman sebagai bagian dari provinsi Rumelia sampai 1912, ketika negara bagian pertama Albania yang merdeka dideklarasikan. Berarti lebih dari 470 tahun Albania menjadi negara jajahan Otoman.


Masih berstatus kolonial

6. Canary Islands Area

Raja Afonso IV dari Portugal menemukan Azores melalui ekspedisi pemetaan ke Canary Islands tahun 1341. Sebelumnya, pada awal 1336 ekspedisi Portugis mencoba menjajah Canary Islands. Pada 1419 mereka menemukan Madeira. Baik Canary Islands, Azores, dan Madeira hingga kini masih di bawah kekuasaan pemerintahan Portugis dalam bentuk otonomi.


7. Kepulauan Virgin 

Kepulauan Virgin Britania Raya hingga saat ini masih merupakan wilayah kekuasaan Britania. Penjajahan dimulai pada 1648.


Penjajahan di era medieval

8. Gaul

Penguasaan Romawi atas Gaul atau Ghalia (sekarang Perancis) berlangsung selama lima abad. Sampai akhirnya negara bagian terakhir Romawi, Domain Soissons, jatuh ke tangan kaum Frank pada tahun 486 Masehi.


9. Roman Britain

Dikenal sebagai Britania Romawi, atau yang oleh bangsa Romawi disebut sebagai 'Britannia' adalah bagian dari pulau Britania Raya. yang dikuasai oleh Kekaisaran Romawi dari 43 Masehi sampai tahun 410. Maka penjajahan Romawi di kawasan tersebut nyaris sama dengan Indonesia yakni sekitar 3,5 abad.

Ilustrasi pasukan Romawi atau Roman army

10. Mesir Kuno

Mesir Kuno di bawah Yunani dan Romawi. Mesir Kuno diperintah oleh dua kekuatan tersebut terus menerus dari 323 SM sampai setidaknya 269 Masehi. Total periodenya lebih dari 500 tahun.


11. Transilvania

Transilvania adalah negara yang dikenal sebagai asal usul drakula. Bahkan banyak dipercaya orang bahwa titisan vampire mahluk penghisap darah  masih ada di negara itu.

Istana Pangeran Drakula di Transilvania

Antara 1003 dan 1526, Transilvania adalah tempat penghubung kapal voivodeship Kerajaan Hongaria. Negara itu dijajah dan diperintah oleh Raja Hongaria saat itu.

Post a Comment

0 Comments