Translate

Suku Bajau yang Seperti Aquaman

Ketika sedang menyelam tanpa alat bantu penyelaman, problem utama tubuh ini adalah kekurangan nafas. Sebab, tentunya seorang penyelam harus menahan nafas. Ketika di dalam air, pembuluh darahnya menyempit, dan ada organ lain yang berkontraksi yaitu limpa. Salah satu fungsi limpa adalah mendaur ulang sel darah merah. Karena fungsi organ limpa yang baik inilah, ada orang-orang yang bisa menahan nafas di dalam air dan menyelam.


Limpa, baik pada orang normal maupun Suku Bajau, memiliki kemampuan berkontraksi hingga pada batas tertentu. Ibaratkan saja sepeda motor dua langkah (2 tak) dengan empat langkah (4 tak). Motor 2 tak membutuhkan lebih banyak pasokan bahan bakar untuk melangkah lebih jauh, sedangkan 4 tak lebih hemat konsumsi bahan bakarnya sehingga jarak tempuhnya bisa hingga dua kali lipat dari 2 tak.


Foto milik Tribunnews


Begitu pula dengan limpa orang normal yang ukurannya lebih kecil, sehingga ketika dia sering berkontraksi, pada suatu waktu organ tersebut akan kelelahan. Sedangkan limpa orang Bajau, karena ukurannya lebih besar, maka kemampuan berkontraksinya memiliki batas yang lebih tinggi ketimbang orang normal.


Orang normal paling hanya mampu menahan nafas dalam air dalam hitungan detik, atau mencapai satu menit. Namun untuk orang-orang dari Suku Bajau, kemampuan menahan nafas dalam air tersebut bisa dalam hitungan menit. Bahkan ada yang sampai 10 menit, seperti Aquaman. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa ada mutasi genetik pada orang-orang Suku Bajau sehingga ukuran limpa mereka lebih besar 50% dari orang-orang pada umumnya di dunia ini.


Foto milik Tribunnews


Dikutip dari laman National Geographic Indonesia, peneliti menemukan sebuah gen bernama PDE10A di suku Bajau. Untuk seekor tikus, gen tersebut diduga berfungsi untuk mengontrol hormon tiroid tertentu. Dan hormon tiroid itu, terkait dengan ukuran limpa tikus. Mungkinkah karena gen PDE10A tersebut ukuran limpa orang-orang Suku Bajau lebih besar? Masih terus diteliti. Namun yang jelas, dengan kondisi fisik seperti itu, orang-orang Suku Bajau tersebut memang ditakdirkan hidup di laut.




Comments

Popular Posts