Angrybow Services

Angrybow Creative Writing Services

Sepenggal Kisah Demang Bekasi

Bila menilik ke Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata "Demang" adalah kepala distrik. Pada masa penjajahan Pemerintahan Hindia Belanda di Indonesia, Demang disebut juga dengan wedana. Ada banyak Demang di Indonesia ini karena banyak pula distrik ketika Belanda menjajah Indonesia. Salah satunya Demang di Bekasi. Ada kisah heroik di Bekasi yang dilakukan oleh seorang Demang saat Belanda memerintah. Nama Demang itu adalah Moedjimi atau yang kerap disapa Demang Moedjimi.


Demang -yang posisinya sama dengan kepala distrik, mempunyai kedudukan dan peran membawahi kepala desa. Demang mengawasi tugas dan kewajiban kepala desa dalam melaksanakan tugasnya. Ada Demang yang melaksanakan tugasnya secara baik, namun ada juga Demang yang melaksanakan tugasnya dianggap melakukan tindakan yang menentang atau melanggar ketentuan yang telah ditetapkan (pemerintah saat itu). Sehingga dia pun dipecat oleh pemerintah dan diajukan ke pengadilan. Hal itu dialami oleh Demang Moedjimi, dimana dia dianggap telah melanggar tugasnya dan diajukan ke pengadilan. 


Foto milik Urban-Bekasi.blogspot.com


Moedjimi, bekas Demang Bekasi sangat ditakuti di jamannya. Ketika perkaranya masih diperiksa oleh polisi, Moedjimi sudah dimasukkan ke dalam penjara, ditempatkan sementara waktu di Teloek Betoeng. Sebab pihak Belanda kuatir jika saksi-saksi yang diajukan tidak dapat memberikan keterangan yang sebenar-benarnya. Para saksi takut akan pembalasan Moedjimi jika ia mengetahui. Menurut surat dakwaan, Moedjimi telah dipersalahkan lantaran menyalahgunakan jabatannya sebagai seorang Demang. Meskipun ia masih memegang jabatan ambtenaar


Kesalahan yang dilimpahkan kepadanya adalah menyalah gunakan jabatannya dengan meminta dan menerima uang dari orang lain, baik yang terlibat dalam kejahatan atau tidak. Untuk yang terlibat dalam kejahatan, Demang Moedjimi berjanji akan akan membebaskannya dari penjara. Uang tersebut kemudian dia gunakan untuk tujuan tertentu. Namun apa saja tindak tanduk Sang Demang tersebut selama berkuasa di Bekasi, kita bisa kembali melihat cerita Robin Hood. Seperti itulah yang dilakukan Demang Moedjimi di Bekasi.

Comments