Main Ad

Mendapat Tituler, Deddy Corbuzier Jadi Letkol TNI

Ada yang menarik dari akhir pekan di awal pekan bulan Desember 2022 ini. Setelah beberapa dasawarsa, TNI AD akhirnya kembali mengeluarkan surat penetapan pangkat kehormatan Tituler kepada salah satu dari ratusan juta warga sipil di Indonesia. Orang yang mendapat anugerah pangkat Tituler itu adalah pesulap, mentalis, dan juga YouTube-ers Dedy Corbuzier yang memiliki nama lengkap Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo.

Pangkat yang diembannya dari anugerah Tituler itu pun cukup tinggi, yaitu Letnan Kolonel (Letkol) sehingga artis dengan gaya khas kepala gundul itu kini menjadi Letkol (Tit) Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo.


Letkol (Tit) Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo alias Deddy Corbuzier dalam tugasnya bisa memberi perintah kepada Bintara, Tamtama, dan Prajurit. (Foto milik www.promediateknologi.com)


Kemudian apa sebenarnya Tituler dalam TNI tersebut? Berdasarkan Tesaurus dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Tituler berkaitan dengan pangkat atau gelar kehormatan yang diperoleh, tanpa menjalankan tugas jabatan sebagai yang tersebut pada gelarnya. Misalnya Mayor (Tit), artinya dia berpangkat mayor tetapi tidak menjalankan tugas sebagai mayor dalam kemiliteran.

Sedangkan dari Wikipedia, disebutkan bahwa Tituler adalah suatu gelar atau pangkat yang diberikan kepada seseorang yang dibutuhkan untuk keperluan-keperluan bersifat sementara, yang diterima dalam rangka melakukan tugas yang berkaitan dengan gelar atau pangkat yang diberikan. Jika keperluan itu telah dilalui atau telah diselesaikan, maka pangkat di cabut kembali.

Mengutip dari laman SindoNews.com pada hari ini (Sabtu, 10 Desember 2022), Menteri Pertahanan ( Menhan) Prabowo Subianto memberikan pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI Angkatan Darat kepada Deddy Corbuzier. Pangkat kehormatan itu kemudian disahkan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman. 

Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa Prabowo memberikan pangkat Letkol Tituler kepada Deddy Corbuzier. "Diberikan kepangkatan itu dengan pertimbangan kemampuan khusus yang dibutuhkan TNI yakni, kapasitas komunikasi di social media," kata Dahnil kepada wartawan. "Kemampuan dan performance DC (Deddy Corbuzier) tersebut akan membantu TNI untuk menyebarkan pesan-pesan kebangsaan dan sosialisasi tugas-tugas TNI dalam rangka menjaga pertahanan RI."

Dan berikut daftar nama-nama orang di Indonesia yang berhasil mendapatkan gelar Tituler oleh TNI AD, dimana Deddy Corbuzier adalah orang yang ke-17 mendapat anugerah tersebut.


- Paku Alam VI

- Paku Alam VII

- Paku Alam VIII

- Mangkunegara VII

- Mangkunegara VIII

- Nugroho Notosusanto

- Soerjadi Soerjadarma

- Pakubuwana X

- Pakubuwana XII

- Hamengkubuwana VIII

- Hamengkubuwana IX

- Kolonel TNI (Tit.) Melanchton Siregar

- Kiyai Haji Darip Klender

- Teungku Muhammad Daud Beureu'eh

- Letkol TNI (Tit.) Idris Sardi 

- Teuku Nyak Arif

- Letkol TNI (Tit.) Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo


Sedang dari matra TNI lainnya, yaitu TNI AU ada 3 orang. Belum ada orang yang mendapat anugerah Tituler dari TNI AL.


- Letkol TNI (Tit.) Vira Nugraha Parantha Soemakno (2012)

- Letkol TNI (Tit.) Dody Darmawan (2012)

- Letkol TNI (Tit.) Ludwig Bayu, S.E., M.M. (2019)


Post a Comment

0 Comments