Setelah mendapatkan kehormatan meliput KTT G20 Indonesia di Bali pada November 2022 lalu, kali ini Angrybow melalui Selaksa (PT. Visi Jadi Aksi) kembali mendapatkan kehormatan menjadi partisipan dalam ACE Youth Summit 2023 yang diadakan pada 28-29 Oktober 2023 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.


Dalam pembukaan ACE Youth Summit 2023 hari pertama, CEO Lazada, James Chang, mengajak para pemuda di Asia, khususnya di Indonesia untuk jangan sungkan bermimpi indah, demi peningkatan sumber daya diri (SDM) sendiri dan tentunya untuk pembangunan negara. 


Karena, generasi muda saat ini adalah para pemuda-pemudi yang mewujudkan impian negaranya kelak. "Mereka telah menghadapi kenyataan yang ada saat ini, sehingga tentunya di kepala mereka sudah terancang sebuah impian masa depan. Nah, buat impian itu menjadi sebuah gol dan rencanakan bagaimana gol tersebut terwujud di masa depan. Meski masih di dalam angan-angan, tidak apa-apa," ungkap James Chang.


Apakah angan-angan itu bisa terwujud? James Chang kembali mengungkapkan bahwa apa yang dicapai Lazada per hari ini, 28 Oktober 2023, merupakan wujud nyata dari impian 11 tahun yang lalu. Lazada, papar James, setelah 11 tahun menghadapi tantangan dan berupaya menyesuaikan diri dengan ekosistem ekonomi di kawasan Asia Tenggara, akhirnya membuat langkah-langkah bisnis untuk masa depan. 


Ternyata, langkah bisnis itu berhasil dan Lazada membukukan transaksi perdagangan hingga lebih dari USD 20 miliar. Perolehan angka sebesar itu didominasi oleh UMKM yang menggunakan platform Lazada. 


Maka James sangat yakin, Indonesia dengan kekuatan UMKM yang luar biasa dan tentunya digerakkan oleh generasi muda bangsa yang kreatif, bisa mewujudkan impian yang lebih tinggi. "Bersama Lazada, saya yakin impian lebih indah bisa diwujudkan," ungkap James. 




Tampak hadir membuka ACE Youth Summit 2023, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim, Erick Thohir. Adapun ACE adalah singkatan dari The Asian Creative and Digital Economy. Tema ACE Youth Summit 2023 pada intinya adalah melibatkan generasi muda Asia untuk kemajuan ekonomi kreatif dan digitalisasi.


Erick Thohir juga sangat mendukung visi dan misi ACE Youth Summit 2023, karena akan sangat banyak membantu perkembangan kreatifitas generasi muda, khususnya Indonesia, dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan digital. "Indonesia merupakan negara besar yang sangat potensial, karena potensi ekonomi digital yang akan disumbang oleh Indonesia terhadap ekonomi Asia Tenggara, bisa berkisar antara 40 hingga 50 persen. Diperkirakan nilai ekonominya sebesar Rp 4.500 triliun, tentunya nilai yang besar juga bila dikonversi dalam USD," ungkap Erick Thohir.


Sehingga dengan misi ACE Youth Summit 2023, yaitu ingin melibatkan generasi muda dalam menciptakan kemajuan besar di bidang ekonomi kreatif dan digital, akan seiring dengan misi konkret pemerintah Indonesia, yakni membuat sebuah platform bagi generasi muda dalam mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya, kemudian menghubungkan mereka dengan para investor.