Main Ad

Tema Alam Bebas pada HAMN 2022 di BoFos

Hunting Akbar Macro Nusantara (HAMN) kembali melaksanakan kegiatan rutin tahunannya. Kali ini mengambil tempat di kawasan Bogor Forest Science Park (BoFos), Situ Gede. Gelaran HAMN ini mengambil beragam tema, namun untuk kegiatan yang digelar Sabtu, 10 Desember 2022, tema yang diambil adalah foto alam bebas atau nature photography, khususnya dunia reptil.

Adapun menurut salah satu fasilitator reptil pada HAMN, David Attaki, tema nature photography tersebut menjadi salah satu tema yang akan dilombakan secara nasional oleh HAMN. "Para anggota HAMN memotret kawasan hutan BoFos dan reptil-reptil ini. Mereka melakukannya dengan teknik fotografi tinggi dan alat-alat pendukung yang mengimbanginya," ungkap David Attaki.


Para peserta HAMN 2022 melakukan hunting foto bertema alam bebas

Fasilitator HAMN, David Attaki, yang juga aktivis penyelamatan satwa


Kawasan BoFos lebih dikenal dengan area hutan CIFOR lantaran Center for International Forestry Research (CIFOR) berkantor di situ. Kawasan tersebut memang dijaga naturalitasnya terutama dalam hal keanekaragaman hayati, seperti halnya hutan-hutan tropis yang lebat. Meski begitu, keamanan dan kenyamanan kawasan BoFos juga senantiasa diperhatikan oleh penjaga hutan, dengan menjaga populasi satwa-satwa berbahaya.

Sebagai aktivis penyelamatan satwa, David Attaki berpesan kepada para pecinta satwa untuk senantiasa menjaga kelestarian alam, dimana pun berada. Terlebih ketika memanfaatkan satwa dan tumbuhan sebagai objek seni. "Mereka jangan sampai terabaikan oleh euforia kita, ketika sedang dalam suatu ajang. Perhatikan juga keselamatan satwa-satwa, apakah mereka kepanasan, kelaparan, atau stres. Jangan sampai pasca suatu ajang, mereka mati. Ini yang harus dibiasakan para pecinta alam," ungkap David Attaki.


Sanca batik (Malayopython reticulatus) dengan warna pudar lantaran dalam proses ganti kulit


Ular mangrove spesies Boiga dendrophila yang sering disangka ular welang (Bungarus fasciatus)

Gecko kuning yang hanya bisa melata di dasar atau tidak bisa manjat dinding


Indian python atau Python molurus yang sudah masuk dalam daftar hewan dilindungi IUCN



Laba-laba hutan




Katak eksotis berukuran sebesar jempol orang dewasa






Post a Comment

0 Comments