Advertisement

Main Ad

Memperbaiki Iklim Dunia

Penulis: Annisa Putri Amalia | Peserta Angrybow Storytelling Class


Apakah kamu merasakan bahwa semakin hari bumi yang kita diami ini semakin panas suhunya? Ya, inilah yang dinamakan efek dari pemanasan global yang merupakan salah satu penyebab perubahan iklim dunia. 

Perubahan iklim adalah perubahan pola dan intensitas unsur iklim dalam periode waktu yang sangat lama. Bentuk perubahan berkaitan dengan perubahan kebiasaan cuaca atau perubahan persebaran kejadian cuaca. Penyebab utama terjadinya perubahan iklim yaitu pemanasan global. Pemanasan global dan perubahan iklim adalah dua hal yang berbeda namun saling mempengaruhi. 

Pemanasan global merupakan percepatan kenaikan suhu bumi dikarenakan peningkatan konsentrasi emisi gas rumah kaca (GRK) yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil, aktivitas industri serta maraknya pemakaian kendaraan pribadi. Chlorofluorocarbon (CFC) adalah salah satu jenis gas rumah kaca yang dapat berasal dari aktivitas manusia sehari-hari seperti menyalakan AC dan kulkas. 

CFC yang terkumpul di atmosfer dapat mengikis lapisan ozon yang mengakibatkan sinar matahari lebih mudah sampaidi permukaan bumi. Sinar matahari yang sampai tersebut tidak bisa sepenuhnya dipantulkan kembali karena terperangkap oleh lapisan GRK yang kian hari seolah menjadi selimut tebal bagi bumi sehingga suhu bumi meningkat cukup drastis. 

Bukti pemanasan global lainnya seperti mencairnya lapisan es di kutub utara, kenaikan muka air laut, pemutihan karang, dan perubahan cuaca yang tidak menentu. Pemanasan global dan perubahan iklim terjadi karena adanya campur tangan manusia. Peran manusia sebagai makhluk yang berakal di bumi sangat besar untuk menjaga dan merawat bumi. 




Kita semua dapat melakukan beberapa hal yang dapat mengurangi dampak pemanasan global seperti: 


1. Mengurangi pemakaian bahan bakar fosil dan beralih menggunakan energi alternatif; 

2. Menggunakan transportasi umum atau bersepeda atau berjalan kaki; 

3. Mengurangi pemakaian plastik dan barang elektronik yang tidak terpakai; 

4. Menerapkan prinsip reuse, reduce, dan recycle; 

5. Menghemat pemakaian air dan peralatan yang mengandung CFC. 


Yuk ambil peranmu sebagai penggagas iklim yang lebih baik untuk kedepannya dengan menerapkan gaya hidup cerdas iklim. Menjaga bumi, menjaga kehidupan. 


Post a Comment

0 Comments