Advertisement

Main Ad

Bekasi Sering Dibilang Planet Lantaran Ini Nih

Jadi sudah tidak asing didengar lagi ya, kalau dengar Bekasi dan sekitarnya -baik Bekasi Kota hingga Kabupaten Bekasi, sering dikatain Planet Bekasi. Lalu kenapa rupanya, orang-orang luar Bekasi sering bilang Planet Bekasi? Nah sebagai orang yang tinggal di Bekasi dari sejak 1988 sampai saat ini, melalui artikel ini akan sama-sama kita simak, mengapa bisa timbul istilah itu. Penyebab pertama, saat ini, tak lain lantaran cuaca di Bekasi, yang seperti anti mainstream. Sedangkan penyebab utama, jaman dulu, tak lain karena kondisi-kondisi banyak lokasi di Bekasi. 


Saat ini, banyak yang terheran dengan kondisi cuaca di Bekasi. Bila di luar Bekasi sedang hujan deras, maka kering kerontang justru di sini. Lalu ketika di luar sana sedang hujan syahdu, di Bekasi malah hujan deras beserta angin kencang.  Dan bila di Bekasi terjadi hujan sedang atau gerimis, bukannya syahdu yang terjadi, tapi malah petir menggelegar di sana sini. Jadi tak ada kesyahduan di Bekasi, yang bila orang luar Bekasi mengalaminya, mereka langsung vonis, "Ini planet mana? Kok begini amat sih?".


Foto: Detik.com


Sedangkan penyebab jaman dulu, lantaran orang yang tinggal di luar Bekasi lagi-lagi melihat hal yang tidak lazim. Meskipun banyak komplek perumahan, sekolahan, dan super market di Bekasi, namun akses menuju perumahan atau sekolah, atau ke super market tersebut, ya Tuhan, seperti bukan akses normal. Jalanan yang rusak, bolong sana sini, bebatuan sebesar kepala kucing garong yang berserakan di jalanan, serta pepohonan bak rimba buana di pinggir jalan ditambah mendadak ada ular lewat ke jalan, tak jarang bikin pengunjung luar Bekasi geleng kepala.


Bahkan akhirnya banyak orang tua yang menyekolahkan anak-anaknya ke Jakarta Timur (wilayah yang terdekat dengan Bekasi) atau ke Jakarta Utara (orang bekasi yang area rumahnya dekat Muara Gembong) dari pada mereka riskan atas nasib anaknya di Bekasi. Mereka kuatir bisa jadi anak-anak mereka menjadi korban diterkam oleh kerasnya alam Bekasi (lebay.com).


Namun Bekasi tetaplah Bekasi dari dulu sampai sekarang. Biarlah disebut planet, namun puluhan tahun kota ini telah membesarkan banyak manusia dan terus berkembang, tak kalah dengan wilayah-wilayah lainnya di sekitar Jakarta. Keras alamnya dan mungkin juga keras kehidupannya, namun buktinya kota ini sekarang sudah menjadi kota penghubung antar kota dan antar provinsi. Datanglah lagi sesekali ke planet ini, karena mungkin bisa jadi planet kini sudah menjadi bintang.

Post a Comment

0 Comments